Masih Hangat
memuat ...

Selasa, 20 Desember 2016

Share:

Aplikasi Windows 10 Ini Mampu Bantu Tingkatkan Fokus dan Produktivitas

cara fokus dengan aplikasi

Setiap hari malas-malasan. Di depan laptop hanya menonton YouTube dan membaca ratusan status orang yang tak ada gunanya. Waktu pun semakin habis dan habis, tak sadar bahwa semua pekerjaan tak selesai-selesai. Lalu akhirnya menyesal. Namun kembali mengulanginya di esok hari.

Ini yang biasa terjadi di dalam hidup saya. Apalagi orang freelancer yang tak pasti dalam menentukan jadwal kerjanya yang bebas. Jadwal kerjanya mungkin bebas, namun di dalam hati ia juga menderita. Menderita karena sulit untuk fokus, dan justru malah menunda-nunda.

Ada satu aplikasi yang unik di Windows 10. Aplikasi ini sangat-sangat unik bagi saya. Ia berguna untuk membantu saya mengatur waktu kerja dan istirahat. Apalagi jika sobat adalah seorang freelancer yang tak tahu kapan untuk kerja dan istirahat, dan justru malah malas-malasan sambil menonton YouTube.

Apa aplikasi itu?

Fokus dan Hemat Waktu dengan Focus 10

Sobat tahu Pomodoro? Ia adalah teknik manajemen waktu yang dibuat di tahun 1980-an. Pomodoro adalah teknik manajemen waktu yang populer di kalangan manusia-manusia produktif nan kreatif di abad ini.

Banyak di antara mereka yang puas dengan teknik ini. Fokus dan tingkat produktivitas meningkat dengan tajam. Malas-malasan dan menunda-menunda hilang dalam sekejap. Bagi sobat yang ingin berhenti malas, dan ingin menjadi rajin, maka Pomodoro adalah teknik yang tepat.

Seperti apa sih teknik Pomodoro?

Sederhana saja. Ia menggunakan teknik waktu yang membagi waktu kerja dengan waktu istirahat. Di akhir, sobat akan menerima waktu istirahat yang spesial (beda sendiri) dengan waktu yang sangat-sangat panjang.

Jadi, kira-kira seperti ini caranya:

Waktu Kerja – Waktu Istirahat – Waktu Kerja – Waktu Istirahat – Waktu Kerja – Waktu Istirahat Spesial

Nah, sobat akan mendapati waktu kerja dan waktu istirahat secara bergantian. Dan ketika di akhir, sobat akan mendapati waktu istirahat spesial yang lama waktunya sangat-sangat lama. Semua waktu kerja, istirahat, dan istirahat spesial, dapat sobat ubah sesuai kondisi sobat.

Dan teknik manajemen waktu Pomodoro ternyata digunakan oleh aplikasi Focus 10 di Windows 10. Aplikasi memiliki sistem Pomodoro, sehingga sobat bisa meningkatkan produktivitas di depan laptop dengan aplikasi simpel ini.

hemat waktu

Kita lihat tampilan dari aplikasi Windows 10 ini. Sobat akan melihat semacam bar yang berisi warna merah (waktu kerja), biru (waktu istirahat), dan bar biru di paling kanan (waktu istirahat spesial).

cara fokus dengan aplikasi

Waktu kerja, waktu istirahat, dan waktu istirahat spesial dihitung mundur oleh sobat dengan aplikasi Focus 10. Hitungan mundur ini membuat sobat fokus sepenuhnya dengan apa yang sedang sobat kerjakan.

Jadi, dengan begini, sobat tak lagi kehabisan waktu setiap harinya. Dengan aplikasi Windows 10 yang simpel ini, sobat tak lagi boros waktu. 24 jam dalam sehari akan semakin hemat setiap harinya.

Dan satu hal yang menyenangkan dari aplikasi ini adalah sobat bisa menganalisis jam kerja sobat setiap harinya, melalui penggunaan hitung mundur aplikasi Focus 10.

hemat waktu stop boros waktu

Hebat, bukan?

Download Focus 10 di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.