Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 10 Maret 2016

Share:

Cara Login Lebih Dari Satu Akun yang Berbeda ke Satu Website yang Sama secara Bersamaan di Firefox

cara firefox untuk membuka akun yang berbeda dalam satu website yang sama

Login ke dalam suatu website merupakan hal yang biasa dilakukan untuk mengakses website tersebut dengan identitas khusus yang telah dibuat. Identitas tersebut bersifat individual. Biasanya, orang akan login dengan satu akun yang sama secara terus menerus. Lalu bagaimana jika login ke satu website yang sama namun dengan akun yang berbeda secara bersamaan? Katakanlah, Anda login ke Facebook namun dengan dua profile dan akun yang berbeda secara bersamaan, atau login ke Gmail dengan banyak akun secara bersamaan

Bahkan Anda dapat login dengan jumlah akun yang Anda inginkan. Jadi, dengan mudahnya di Firefox, kita bisa mengelola dan menggunakan lebih dari satu akun dalam suatu website secara bersamaan. Cara ini lebih sering digunakan oleh orang yang sering menggunakan akun palsu di media sosial, mungkin bersamaan dengan akun aslinya. Meski begitu, gunakanlah trik ini sebijak mungkin. Anda mungkin memang benar-benar membutuhkan trik Firefox ini.

Sebagai catatan, mungkin hanya Firefox yang terbaik dalam hal login lebih dari satu akun dalam suatu website. Microsoft Edge tampaknya belum support hal ini. Lebih dari itu, Firefox dapat digunakan untuk lebih dari satu profil user Firefox secara bersamaan. Ketika Anda berselancar di web dengan profil yang satu, maka cookies, cache, browsing history, dan data-data pribadi lainnya hanya akan disimpan dalam profile tersebut, termasuk add-ons. Ketika Anda menggunakan profile yang kedua, maka semua data-data itu juga hanya akan disimpan dalam profile yang kedua tersebut. Bagusnya lagi, kita dapat menggunakan kedua atau lebih profile tersebut secara bersamaan.

Ini berguna bagi PC yang browser-nya sering digunakan oleh orang lain, dan Anda tidak ingin mereka ikut mengakses situs-situs yang juga Anda kunjungi, atau takut terganggunya privasi.

Cara Membuat Profil Firefox

Sebelum melakukan trik ini, pastikan Firefox telah ditutup.

Pergi ke alamat berikut. Gunakan kotak dialog Run dengan menekan Logo Windows + R lalu tekan Enter.

Jika Anda menggunakan Firefox 32-bit:

C:\Program Files\Mozilla Firefox\firefox.exe –profilemanager

Jika 64-bit:

C:\Program Files (x86)\Mozilla Firefox\firefox.exe –profilemanager

Setelah menjalankan itu, Anda akan melihat kotak dialog profile manager Firefox berikut.

Anda akan melihat profile yang pertama, “default”. Itu adalah profile pertama yang Anda gunakan (profile awal). Untuk menambah profile lagi, klik saja “Create Profile”.

Kemudian muncul wizard untuk membuat profile baru, klik Next.

Di sini, buatlah nama untuk profile baru tersebut. Contoh: “akun 2”. Buatlah nama yang mudah diingat, karena ini penting untuk membuat shortcut setiap profile nantinya. Jika sudah, klik Finish.

buat nama profile baru

Nah, pilih satu profile yang akan digunakan setiap Firefox dijalankan. Misalnya, “akun 2” dalam contoh ini. Pastikan untuk memberi tanda cek pada “Use the selected profile without asking at startup”. Kemudian klik “Start Firefox”.

firefox

Firefox dengan profile baru pun terbuka. Namun, jangan gunakan dulu profile baru ini di Firefox. Anda perlu membuat shortcut Firefox untuk kedua profile yang dimiliki. Maka, tutup Firefox dulu. Kemudian buka desktop.

Di desktop, klik-kanan shortcut Firefox, kemudian pilih Send to > desktop. Shortcut Firefox baru pun muncul. Ganti nama shortcut baru itu, ganti dengan nama profile yang Anda inginkan untuk nantinya dibuka melalui shortcut baru ini.

Setelah mengganti nama, klik-kanan pada shortcut baru tersebut > Properties.

Pada target, tambahkan:

-P namaprofile -no-remote

Ganti namaprofile di dalam target tersebut dengan nama profile Firefox yang diinginkan. Klik OK.

Buat shortcut lagi dan lakukan hal yang sama untuk membuka profile yang lain.

Belum Selesai sampai di situ

Tunggu! Ketika Anda telah membuat semua shortcut profile Firefox, Anda tidak dapat membuat profile Firefox lagi, karena ketika Anda mengklik semua shortcut yang telah dibuat, Anda akan langsung dialihkan ke Firefox yang telah memakai profile tersebut masing-masing, tanpa ditampilkan profile manager terlebih dahulu.

Untuk membuka profile manager, pergi ke alamat ini melalui kotak dialog Run.

firefox -P yourname -no-remote %u


Sekarang Anda dapat membuka lebih dari satu profile Firefox secara bersamaan. Penggunaan browsing history, cookies, cache, hingga add-ons itu berbeda dalam setiap profile-nya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.