Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 01 Oktober 2015

Share:

Apa yang Baru di Office 2016

apa yang baru di office 2016

Office 2016 membawa fitur-fitur baru yang keren dan menakjubkan. Bersamaan dengan fitur-fitur baru itu, antarmukanya baru akan sangat membuat nyaman pengguna. Tampilan berubah menjadi terlihat semakin sederhana, namun semakin elegan. Fitur baru yang dibawa Office 2016 akan menjadi sia-sia jika Anda tidak menghubungkan Office dengan akun OneDrive Anda. Lalu apa yang baru di Office 2016 ini?

Antarmuka dengan Tampilan Baru

word 2016

Soal antarmuka, di Office 2016 ini tidak terlalu jauh berbeda dengan Office 2013. Office 2016 tidak memiliki antarmuka dengan bahasa desain baru — hanya semacam improvisasi untuk membuatnya semakin sederhana dan elegan. Namun begitu, hasil improvisasi ini benar-benar menakjubkan, karena sebelumnya Metro UI mungkin dianggap “terlalu menyulitkan” oleh sejumlah pengguna awam; dan kini jauh lebih modern dan mempermudah siapa pun.

tema office word 2016

Ribbon telah diperbarui dengan tampilan yang lebih minimalis. Mengurangi border pada elemen kontrol tertentu dan menambahkannya di elemen kontrol lain, sehingga lebih terlihat modern dan dapat memudahkan pengguna karena kesesuaian tampilannya. Selain itu, tema-tema dasar telah diimprovisasi hingga tidak mempersulit pengguna, dan membuatnya semakin elegan. Jika Anda menganggap tema dasar tertentu kurang baik, maka ganti saja, atau tambahkan background agar terlihat lebih ramai.

tema gelap office word 2016

Smart Lookup

Ini adalah fitur baru yang keren. Dengan fitur ini, pengguna dapat mencari definisi atau informasi lainnya yang terkait dengan kata yang akan dicari. Pencarian ini terletak di sebelah kanan dengan panel khusus. Pencarian ini tentunya diintegrasi dengan mesin telusur Bing. Ini seperti adds-in yang menjadi fitur bawaan. Tapi ini adalah fitur bawaan yang bukan adds-in. :D

Smar Lookup di Office Word 2016

Di Excel, pengguna dapat mencari informasi tentang rumus yang terkait dengan lebih mudah. Pencarian ini bukan hanya dapat dilakukan di Excel – semua aplikasi Office dapat melakukan hal ini. Tentu saja, akan lebih mudah jika Anda menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pencarian. :D

Smart Lookup in Excel 2016

Tell Me

Mungkin selama ini kita agak kesulitan dalam menggunakan Office — kesulitan mencari elemen kontrol tertentu, terlebih yang “agak tersembunyi”. Sekarang, dengan fitur “Tell Me”, kita dapat mencari elemen kontrol tertentu hanya dengan mengetik namanya. Ini seperti asisten digital namun tanpa suara dan diganti dengan perintah teks. :’v.

Tell Me fitur di Office Word 2016

Anda akan langsung menemukan menu atau opsi-opsi yang ingin dicari. Cukup ketik sebuah perintah dengan teks, atau ketik namanya, Anda akan langsung menemukannya. Fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna awam sekalipun.

Tell Me Office 2016

Format Shape dengan Lebih Cepat

Pemformatan shape kini akan lebih cepat. Pengguna dapat menyimpan preset dari perubahan yang dibuatnya sendiri terhadap shape yang dihendaki. Ketika Anda memasukkan sebuah shape, maka dapat langsung mengubahnya lalu menyimpannya sebagai preset baru, yang kemudian dapat ditambahkan kembali tanpa perlu melakukan perubahan lagi.

buat preset shape di Office 2016

Kolaborasi secara Real-time

Kita dapat bekerja sama dengan pengguna lain dalam waktu bersamaan. Ini akan memudahkan proses pengerjaan dokumen, terlebih kerja kelompok. Kolaborasi ini dapat dilakukan dengan tombol “Share” yang berada di bawah tombol “Close”.

Kolaborasi pengeditan dokumen di office 2016

Untuk berkolaborasi, pengguna harus menyimpan dokumen kemudian membagikannya kepada mereka yang akan ikut berkolaborasi.

Kolaborasi 'Share'

Tentunya, ini memerlukan akun OneDrive. Jika Anda belum memilikinya, maka buat saja. Selain itu, pengguna yang ikut berkolaborasi tidak harus memiliki Office 2016. Mereka juga dapat menggunakan Office Online untuk mengedit dokumen yang sama dalam waktu yang sama.

Backstage yang Baru

Layar backstage ini memiliki kemudahan yang baru. Pengguna dapat membuka dokumen dengan lebih mudah dan lebih cepat. “Recent” kini disortir berdasarkan tanggal pembuatan dokumen. Kita juga dapat membuka dokumen lama dalam folder pribadi dokumen dengan lebih cepat.

Backstage Office Word 2016

Ink Equation

Kita bisa dengan cepat mengetik angka atau huruf secara matematis dengan menggunakan mouse, digital pen, atau menggunakan layar sentuh pada laptop. Kemudian tulisan tangan itu dapat diubah menjadi teks digital ke salah satu aplikasi Office dengan fitur Ink Equation.

Ink Equation

Untuk menemukan fitur ini, masuk ke tab “Insert”, pilih “Equation” pada grup “Symbols” > Ink Equation. Fitur ini sangat berguna, terlebih untuk mengetik teks yang sangat panjang.

Mengubah tulisan tangan menjadi teks digital Office 2016


Masih banyak hal-hal baru yang dapat Anda temukan di Office 2016. Chats baru di Excel 2016, beberapa improvisasi pada sistem attachment di Outlook 2016, Start screen dan backstage dengan tampilan baru, peningkatan keamanan dan mengurangi bug, serta hal-hal lainnya yang akan memudahkan dan meningkatkan produktivitas Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.