Masih Hangat
memuat ...

Senin, 08 Juni 2015

Share:

Cara Mengembalikan Fitur 'Gadget' di Windows 8 dan Windows 8.1

gadget di windows 8.1

Pada Windows 8 dan sistem operasi selanjutnya, fitur gadget dihilangkan oleh Microsoft. Pengguna Windows 8 dan Windows 8.1 tidak bisa menikmati gadget yang terletak di desktop. Menurut saya, fitur gadget ini tidaklah terlalu berguna, dan boros RAM serta meningkatkan kinerja CPU. Mungkin ini bisa mempermudah untuk melihat suatu informasi melalui gadget, tapi informasi itu masih bisa dilihat dengan cara lain yang tidak lebih sulit. Misalnya gadget jam. Anda masih bisa melihat jam dan tanggal di pojok layar pada Taskbar.

Mungkin gadget masih diinginkan oleh beberapa pengguna, termasuk Anda yang sedang membaca tulisan ini. Tentu saja, Anda memerlukan perangkat lunak pihak ketiga untuk mendapatkan fitur gadget.
Aplikasi ini adalah 8GadgetPack. Ini membuat sistem operasi Anda memiliki fitur gadget yang sama seperti Windows 7, bahkan menyajikan jumlah gadget yang lebih banyak dan sidebar sebagai letak gadget-nya.

Ulasan

sidebar

Sidebar tersebut termasuk dalam gadget yang bernama 7 Sidebar. Untuk menambahkan gadget, Anda hanya perlu mengklik-kanan desktop, lalu pilih Gadgets. Untuk menambahkan sidebar, klik ganda saja pada 7 Sidebar; demikian pula untuk gadget lainnya.

gadget windows 7 di windows 8.1

Anda juga dapat mengatur transparansi dari suatu gadget. Klik-kanan pada gadget yang diinginkan, lalu pilih Opacity dan pilih berapa persentase transparansi.

gadget jam di windows 8.1

8GadgetPack juga memiliki fitur Window Manager. Ini sama seperti App Switcher di Windows 8.1, namun muncul di desktop dan dapat tampil hanya dengan meng-hover daftar aplikasi menggunakan kursor.

Window Manager (2)

Untuk memindahkan ke mode Window Manager, klik ikon seperti dalam gambar ini, atau klik-kanan pada sidebar dan centang Window Manager.

Window Manager

Unduh 8GadgetPack

Klik tombol di bawah untuk mengunduh 8GadgetPack.

1 komentar:

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.