Cara Login secara Otomatis ke Windows 10, 8, 8.1 tanpa Password

Login ke Windows 10, 8, dan 8.1 tanpa password dapat meningkatkan privasi. Kamu mungkin tak ingin kerabat atau teman melihat bagaimana kamu memasukkan password saat

Update

login screen

Login ke Windows 10, 8, dan 8.1 tanpa password dapat meningkatkan privasi. Kamu mungkin tak ingin kerabat atau teman melihat bagaimana kamu memasukkan password saat login ke Windows 10, 8, atau 8.1 saat mereka hendak meminjam laptopmu sebentar.

Kamu mungkin perlu menggunakan PIN sebagai password, atau bahkan menonaktifkan password-login untuk sebuah komputer, seperti yang ada dalam tutorial ini. Di sini, kamu akan tahu mematikan password saat booting (proses komputer menyala). Selain itu, kamu juga dapat menentukan user mana yang akan menjadi user utama saat login tanpa password. Ini juga dapat mempercepat proses booting. Kamu tak perlu repot-repot memasukkan password lagi.

Selain menggunakan cara ini, kamu juga dapat melindungi keterlihatan password dengan menggunakan gambar sebagai password, atau menggunakan PIN sebagai password.

Cara login secara otomatis tanpa password

Mudah sekali untuk melakukan trik Windows ini. Buka saja kotak dialog Run melalui menu konteks (menu klik-kanan) tombol Start, atau langsung tekan Logo Windows + R.

menu start

Lalu masukkan alamat ini:

netplwiz

kotak run

Lalu terbukalah kotak dialog User Accounts. Di sinilah tempat untuk mengatur user-user.

Pilih user yang hendak dijadikan user utama saat menyalakan komputer, lalu hilangkan tanda centang pada Users must enter a user name and password to use this computer.

cara menghilangkan-password-saat-login 002

*Untuk dapat login kembali dengan password, maka centang kembali pada kotak cek tersebut.

Lalu klik OK.

Nah, untuk konfirmasi, masukkan password yang sesuai dengan user yang kamu pilih. Jika kamu menggunakan akun Microsoft, kamu tetap perlu memasukkan password saat kamu belum mengubahnya menjadi akun Microsoft.

cara menghilangkan password saat login 006

Jika sudah memasukkan password, klik OK.

Lalu Restart, maka komputer akan login secara otomatis ke user yang kamu tentukan.

Catatan

  • Login ke Windows 10, 8, 8.1 tanpa password itu login secara otomatis. Artinya, setelah booting, maka akan langsung login secara otomatis ke user yang kamu tentukan tanpa memberimu kesempatan untuk memilih user lain untuk dimasukki.
  • Tetapi, kamu masih bisa masuk ke user lain saat fitur ini aktif, yakni dengan sign-out dari user utama yang dipilih sebelumnya.

Tips

Untuk Windows 8.1, mungkin perlu menonaktifkan lock screen, dan booting langsung ke desktop. Hal ini juga akan mempercepat booting.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

6 pemikiran pada “Cara Login secara Otomatis ke Windows 10, 8, 8.1 tanpa Password”

  1. Cara ini ribet, mending tetep login ke akun mircrosoft tapi pilih yang tidak direkomendasikan itu.
    Tetep login tapi waktu booting tidak menggunakan akun microsoft dan masih bisa download dari windows store.

    Balas

Tinggalkan komentar