Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 11 Februari 2015

Share:

7 Cara Mencegah Mata Buram atau Pusing Kepala saat Menggunakan Komputer agar Bekerja Menjadi Lebih Nyaman

pusing-kepala-saat-gunakan-komputer

Biasanya, orang awam yang tidak ingin matanya buram sementara atau tidak ingin pusing kepala karena menggunakan komputer, maka orang itu akan mengurangi penggunaan komputer, atau meminta seseorang untuk melakukan pekerjaannya yang perlu menggunakan komputer.

Banyak orang yang matanya yang menjadi ‘tegang’ saat menggunakan komputer. Jika Anda pernah mengalami hal ini, maka sekarang saatnya untuk mencegah ketegangan mata agar bekerja di depan komputer menjadi lebih nyaman, sehingga kualitas kerja meningkat, dan Anda tidak perlu mengurangi penggunaan komputer secara besar-besaran.

1. Mengubah tampilan monitor

Mengubah intensitas cahaya monitor

Kesilauan biasanya muncul dari cahaya monitor yang cukup tinggi atau tidak sesuai dengan kemampuan mata menghadapi cahaya monitor. Hal ini akan menyebabkan ketegangan mata yang bisa saja membuat kepala Anda pusing. Karena itu, atur intensitas cahaya monitor agar sesuai dengan level mata. Jika Anda pengguna laptop, Anda hanya perlu menekan tombol [Fn]+Panah Kiri atau Panah Kanan.

Jika Anda pengguna Windows non-laptop, buka Control Panel > Hardware and Sound > Power Options. Lalu atur kecerahan monitor pada slider ini dengan menggesernya.

mencegah sakit kepala saat menggunakan komputer

Font yang buram dan ukuran teks yang kecil

Selain intensitas cahaya monitor yang berlebihan, font yang buram juga bisa membuat mata buram atau bahkan mata merah jika terlalu sering membaca tulisan ber-font buram. Khususnya Windows XP, font-nya tidak lembut dan tidak nyaman untuk mata. Windows Vista dan versi Windows setelahnya ber-font lembut dan nyaman untuk mata. Pastikan juga bahwa Anda telah menginstal driver VGA (Video Graphics Array) terbaru agar font terlihat lebih lembut.

Baca Juga: Cara Instal Driver

Hindari juga resolusi monitor yang tidak sesuai dan teks yang berukuran kecil. Untuk mengetahui cara mengaturnya, baca tutorial Cara Memperbesar Ukuran Teks di Windows. Hal ini akan membuat teks terlihat lebih besar.

2. Posisikan badan dan kepala dengan benar

Posisi duduk dan jarak mata terhadap monitor bisa membuat mata lebih mudah lelah. Atur jarak antara mata Anda terhadap monitor minimal 30 cm, dan itu tergantung juga dengan ukuran monitor. Ukuran monitor yang lebih besar membutuhkan jarak mata yang lebih jauh.

work_station_sitting

Jangan lupakan posisi duduk. Posisi duduk yang benar mungkin memerlukan badan yang benar-benar tegak dan jarak kepala yang tepat terhadap monitor.

3. Istirahat sebentar

Jangan terus berhadapan dengan monitor komputer yang akan membuat mata Anda lelah. Cobalah untuk mengistirahatkannya sebentar agar mata Anda kembali nyaman.

4. Jangan gunakan komputer di tempat yang terlalu terang atau terlalu gelap

Menggunakan komputer di tempat yang terlalu terang akan menyilaukan mata, seperti di dekat jendela yang ditembus cahaya matahari dan memantulkannya ke monitor komputer. Menggunakan komputer di tempat yang terlalu gelap juga akan menyilaukan mata karena intensitas cahayanya berbeda jauh dengan intensitas cahaya di tempat pengguna berada. Ini tentu akan membuat Anda pusing dan mata cepat lelah, sekalipun mengurangi intensitas cahaya di tempat yang terlalu gelap.

5. Gunakan perangkat lunak terbaru

Perangkat lunak masa kini bisa dibilang modern. Font terlihat lebih lembut dan mudah dibaca; antarmuka yang rumit semakin ramah pengguna; dan hal lainnya yang tidak akan membuat Anda pusing kepala karena ketegangan mata saat menggunakan komputer. Karena itu, perbaruilah semua perangkat lunak yang basi agar Anda semakin mudah dan aman menggunakannya, sehingga ketegangan mata berkurang.

6. Cek kesehatan mata secara berkala

Jika Anda memerlukannya, Anda dapat mengecek kesehatan mata secara berkala. Nantinya, ini juga akan memengaruhi bagaimana Anda menggunakan komputer untuk kegiatan sehari-hari, sesuai dengan kesehatan mata.

7. Bersihkan monitor

Jangan menunggu debu menumpuk pada layar komputer Anda. Membersihkan monitor akan cukup membuatnya menjadi lebih jernih, jelas, dan nyaman untuk mata.


Mungkin mengecek kesehatan mata dan konsultasi masalah mata akan lebih berguna bagi Anda. Anda mungkin perlu mengurangi penggunaan komputer demi kesehatan, terutama mata. Yang terpenting adalah mengistirahatkan mata dari segala sesuatu yang membuat mata tegang, pusing-pusing, mata merah, atau buram sementara. Itu akan cukup membantu Anda saat bekerja keras di depan komputer.

Sumber gambar (diunggah ulang):

http://headaches.about.com/od/diagnosingheadaches/a/Is-Working-At-My-Computer-Causing-My-Headaches.htm
http://healthonabudget.com/tips-for-computer-users-to-protect-eyes-at-work/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.