Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 04 Oktober 2014

Share:

Cara Membuat Windows 8.1 Lebih Memudahkan bagi Pengguna Awam

agar windows 8.1 lebih mudah digunakan

Bagi pengguna yang terbiasa menggunakan Windows 7, pasti akan merasa kesulitan ketika pertama kali menggunakan Windows 8.1. Menurut saya, Windows 8.1 akan lebih mudah digunakan jika penggunanya mengerti akan antarmuka suatu perangkat lunak. Tapi biasanya, banyak pengguna cenderung tidak mengerti akan antarmuka yang baru, seperti Metro UI pada Windows 8 dan Windows 8.1.

Kini menggunakan Windows 8.1 akan terasa lebih mudah dengan beberapa tips yang keren ini untuk memudahkan Anda dalam beradaptasi dengan Windows 8.1. Agar lebih mengerti dalam membaca tips di bawah, Anda perlu memperbarui aplikasi Windows 8.1 melalui Windows Store dan Windows 8.1 melalui Windows Update.

Agar Windows 8.1 Mudah Digunakan

1. Membuat Grup pada Start Screen


Membuat grup pada Start screen memang terlihat sepele, tapi setidaknya pengguna awam bisa mengenal berbagai aplikasi berdasarkan kategori. Baca tutorial “Cara Membuat Grup pada Start Screen Windows 8.1”.

2. Menggunakan Aplikasi Bawaan Sesekali

Banyak aplikasi Windows 8.1 bawaan yang sangat berguna, seperti: Calculator, News, Food & Drink, dan lainnya. Jangan sia-siakan aplikasi Windows 8.1. Untuk lebih mengerti mengenai Windows 8.1, Anda perlu sesekali menggunakan, mengubah pengaturan, dan menyesuaikan tampilan beberapa aplikasi bawaan. Setelah beberapa lama, barulah mulai mencari aplikasi baru melalui Windows Store.

Baca tutorial “Cara Men-download Aplikasi dari Windows Store”, “Cara Mengubah Tampilan Start Screen Windows 8.1”, dan “Cara Benar Menutup Aplikasi Windows 8.1”.

3. Menggunakan Keyboard Shortcut

Keyboard shortcut adalah tekanan 1, 2, atau lebih tombol keyboard yang berfungsi untuk mengoperasikan antarmuka. Pada Windows 8.1, keyboard shortcut baru telah tersedia untuk digunakan. Ini akan memudahkan pengguna non-layar sentuh dalam menggunakan Windows 8.1.

Baca: "Kumpulan Keyboard Shortcut di Windows 8.1".

4. Menggunakan Ribbon pada File Explorer


Demi memudahkan penggunanya dalam menggunakan File Explorer, Microsoft telah menambahkan ribbon yang sangat berguna. Ribbon ini berguna bagi pengguna layar sentuh maupun pengguna non-layar sentuh.

5. Mengenal Antarmukanya, dan Mengikuti Setiap Petunjuknya

Biasanya yang paling menyulitkan adalah antarmuka yang sulit dimengerti. Saya setuju dengan pendapat orang-orang bahwa Windows 8.1 sangat memudahkan pengguna profesional. Bagi saya, tampilan, ikon, fitur, dan semuanya sangat memudahkan; sedangkan pendapat orang awam adalah sebaliknya.

Coba lihat tombol “Power” pada Start screen. Ikon pada tombol tersebut hampir sama dengan ikon “Power” pada perangkat atau sistem operasi lain.

Windows 8.1 adalah sistem operasi yang berbeda dari yang lain. Konsep “Metro UI” adalah konsep yang paling memudahkan dan paling keren bagi saya. Yang paling mencolok adalah kontrol yang berupa kotak ber-ikon besar, biasanya berbentuk kotak berwarna polos sedangkan ikonnya berwarna putih.

Tahukah Anda? Konsep ini sebenarnya terinspirasi dari tanda-tanda metropolitan yang cenderung berwarna polos dan disertai simbol putih, seperti tanda belok kanan.

Sebenarnya saya hanya menjelaskan sedikit mengenai poin ini. Anda dapat mempelajari fungsi kontrol (tombol, menu, dsb.) dengan belajar dari pengalaman atau buku panduan komputer untuk pemula. Jangan takut salah untuk mengklik sesuatu. Pelajarilah petunjuk dari komputer, dan ikuti petunjuknya. Pastikan bahwa Anda belajar dari orang yang tepat. Jangan coba melakukan sesuatu tanpa mempelajarinya terlebih dahulu.

6. Mengembalikan Start Menu


Banyak perangkat lunak pihak ketiga yang bisa memudahkan Anda dalam menggunakan Windows 8.1. Windows 8.1 memang punya menu konteks (menu klik-kanan) pada tombol Start, tapi hanya ada sedikit fitur di sana. Anda bisa mengetahui cara mengembalikan Start menu dengan mengklik “Cara Mengembalikan Start Menu di Windows 8.1”.

7. Menghilangkan Fitur yang Mengganggu

Khususnya bagi pengguna non-layar sentuh, Anda perlu menghilangkan fitur yang hanya bisa digunakan oleh pengguna berlayar sentuh. Baca: “Cara agar Windows 8.1 Lebih Mudah Digunakan untuk Pengguna Non-Layar Sentuh”.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.