Masih Hangat
memuat ...

Rabu, 10 September 2014

Share:

Me-refresh Desktop (F5) Berkali-kali Ternyata Berbahaya bagi Komputer

refresh desktop windows 8.1

Biasanya para gamer sering me-refresh Desktop berkali-kali untuk mempercepat kinerja suatu game. Apalagi kalau spesifikasi PC rendah, perangkat keras akan lebih cepat rusak karena me-refresh Desktop berkali-kali dengan tombol F5 selama puluhan detik. Lalu apa hubungannya me-refresh Desktop dengan rusaknya perangkat keras?

"Refresh" Desktop Berkali-kali Ternyata Berbahaya

Me-refresh Desktop itu memakan CPU yang cukup tinggi dengan mengklik opsi "Refresh" pada menu konteks (menu klik-kanan) maupun menekan F5. Tak percaya? Silakan mencobanya sendiri!

Lakukan Langkah Ini

Buka Task Manager, lalu aktifkan Desktop (dengan cara mengklik Desktop itu sendiri tanpa me-minimize Task Manager). Lalu tekan F5 berkali-kali dalam waktu 10 detik.
Catatan: Kalau merasa tak tahan melihat persentase penggunaan CPU selama 10 detik, maka berhentilah me-refresh; dan persentase CPU yang ditunjukkan Task Manager itu tergantung spesifikasi komputer dan waktu me-refresh.

Hasilnya

Lihat! Persentase CPU semakin tinggi hingga puluhan persen. Hal ini sudah bisa membuktikan bahwa me-refresh Desktop bisa meningkatkan persentase CPU. Kalau persentase CPU terbiasa sangat tinggi, bisa dipastikan bahwa CPU akan lebih cepat rusak.

Me-refresh Desktop yang Benar

Cara me-refresh Desktop yang benar: klik opsi "Refresh" pada menu konteksnya, maksimal 3 kali; atau tekan F5, maksimal 3 kali tekanan atau 2 detik dalam sekali tekanan.

3 komentar:

  1. wah baru tau ._.
    tapi klo ane seringnya Clean Ram (fitur di Advanced System Care) itu kira2 sama bahayanya ga gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahaya sih, kalau spek PC-nya rendah. dan gak baik digunakan walau spek-nya tinggi. Nanti saya jelaskan lagi di Kompiwin.

      Hapus
    2. ini gan: http://www.kompiwin.com/2015/01/memory-optimizer-memperlambat-kinerja-pc.html

      Hapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.