Masih Hangat
memuat ...

Kamis, 21 Agustus 2014

Share:

16 Cara Menghemat Kuota Internet di Windows 8.1

Cara Sederhana Mengecek Sisa Kuota Internet

Windows 8.1 dengan fitur menariknya telah memuaskan banyak pengguna, tetapi sebagian juga ada yang merasa terganggu dengan fitur-fitur baru di Windows 8.1, salah satunya adalah kuota Internet yang Anda miliki lebih cepat habis atau boros di Windows 8.1. Atau mungkin Anda menggunakan paket tanpa batasan kuota (unlimited), Anda mungkin merasakan kecepatan yang berbeda dari yang semestinya.

Penyebabnya adalah ada fitur, program, notifikasi, dan lainnya yang mengandalkan koneksi Internet untuk bekerja; dan biasanya semua hal itu bekerja secara otomatis. Itulah alasannya kenapa kuota Internet bisa boros di Windows 8.1. Karena itu, kita perlu menghematnya agar Anda tidak dibebani dengan biaya yang lebih besar untuk membeli kuota.

Bukan hanya menghemat kuota, Anda juga akan mengetahui bagaimana caranya memonitor penggunaan kuota Internet.
Baca: "7 Cara Paling Jitu Menghemat Kuota Internet di PC" untuk tips menghemat kuota yang lebih jitu dari 16 tips ini.

Menghemat Kuota Internet

1. Menunda Proses Sinkronisasi OneDrive

Jika Anda tidak keberatan untuk mematikan OneDrive untuk sementara atau menunda proses sinkronisasi OneDrive, maka lakukan saja demi menghemat kuota Internet. OneDrive melakukan sinkronisasi pengaturan, mencadangkan (back-up) berkas Anda, dan mengunduhnya; semua itu berjalan secara otomatis. Anda dapat mengatur cara OneDrive bekerja. Baca artikel: "Cara Menunda Proses Sinkronisasi OneDrive".

2. Mematikan Live Tile

Mungkin bagi Anda yang tidak terlalu menyukai live tile, maka Anda dapat mematikannya, kecuali live tile dari aplikasi yang penting (misalnya: Mail). Baca artikel: "Cara Mematikan Live Tile di Windows 8.1".
Live Tile

3. Memonitor Penggunaan Kuota di Windows

Anda dapat mengetahui jumlah kuota yang sedang digunakan. Hanya saja, fitur ini hanya berlaku untuk Wi-Fi dan mobile broadband. Selain itu, Anda juga dapat memonitor penggunaan kuota dari seluruh aplikasi yang sedang berjalan, termasuk aplikasi (yang berjalan di) Desktop Windows. Silakan baca: "Cara Memonitor Kuota Internet di Windows 8.1". Artikel tersebut sudah mencangkup keduanya.

4. Mengatur dan Menonaktifkan Windows Update

Bagi orang yang profesional, Windows Update pasti akan selalu aktif mengecek dan/atau mengunduh update-an untuk Windows-nya. Tetapi bagi orang yang tidak ingin kehilangan kuota-nya, mungkin Windows Update akan dimatikan. Padahal penting sekali memperbarui Windows melalui Windows Update.

Kalau cara mematikan Windows Update, itu sangat mudah. Buka Control Panel > System and Security > Windows Update > Change settings. Pilih never check for updates, lalu klik OK.

Jika ingin Windows Update tetap mengecek update-an secara otomatis namun tidak mengunduh secara otomatis, maka pilih check for updates but....

5. Mengaktifkan "Metered Connection" dan Memonitor Penggunaan Kuota

Jika Anda memiliki koneksi Internet yang kuota-nya perlu dihemat, maka jadikan saja koneksi tersebut sebagai metered connection. Metered connection adalah koneksi yang tidak dapat digunakan untuk fitur yang tidak diinginkan. Anda dapat mengaturnya. Baca artikel "Metered connection di Windows 8.1".

6. Menggunakan Internet Explorer 11

Gunakan saja browser bawaan Windows, Internet Explorer, agar kuota Internet dapat dihemat sepenuhnya karena tampilan web Internet Explorer itu tidak terlalu baik. Tapi hanya beberapa situs saja yang dapat dimuat di Internet Explorer 11 dengan benar. Mungkin situs yang agak berat tidak akan bisa dimuat dengan benar, Anda mungkin perlu mengklik tombol "Refresh" kalau situs tidak tampil-tampil. Jadi pikirkan dulu apakah ingin menghemat kuota dengan menggunakan IE 11 atau tidak.

7. Mengaktifkan "Enterprise Mode" untuk Situs Favorit

Internet Explorer 11 memiliki fitur "Enterprise Mode" yang berguna untuk mengubah tampilan dan aplikasi situs agar tampil seperti yang sebenarnya terlihat dalam Internet Explorer 8. Tapi ingat! Situs yang diaktifkan "Enterprise Mode"-nya akan tampil seperti yang sebenarnya terlihat dalam Internet Explorer 8. Baca artikel "Cara Mengaktifkan Enterprise Mode".

8. Mengaktifkan "Compatibility View" Internet Explorer

Berbeda dengan Enterprise Mode, Compatibility View adalah fitur yang berguna untuk meningkatkan kecepatan loading dan tentunya lebih sedikit mengurangi kuota Internet. Menurut saya, fitur ini juga berguna untuk situs yang lambat loading-nya, dan juga meningkatkan situs agar tampil lebih baik.

9. Menggunakan User Lokal

User lokal adalah user biasa yang hanya dapat menggunakan Windows 8.1 dengan fitur terbatas. Fitur terbatas di sini adalah fitur yang tidak dapat digunakan, yang hanya dapat digunakan untuk user yang telah dihubungkan dengan akun Microsoft-nya. Fitur tersebut kebanyakan mengandalkan koneksi Internet untuk bekerja. Baca "Cara Membuat User Lokal Baru di Windows 8.1".

10. Mengatur Seluruh Notifikasi di Windows 8.1

Notifikasi bisa muncul secara otomatis saat komputer terhubung ke Internet. Banyak jenis notifikasi yang bisa muncul untuk memberi tahu pengguna tentang sesuatu, dan itu bisa saja mengandalkan Internet untuk menampilkannya. Misalnya, notifikasi aplikasi "Facebook" yang muncul di sudut layar; pastinya notifikasi seperti ini mengandalkan Internet.

Baca "Cara Mengatur Notifikasi di Windows 8.1".

11. Menonaktifkan: Menyimpan File secara Otomatis ke Folder OneDrive

Mungkin sejumlah pengguna tidak menyadari hal ini. Ketika menyimpan file dari suatu aplikasi (misal: Microsoft Word), folder OneDrive akan ditetapkan sebagai folder default untuk menyimpan file. Baca "Cara Menonaktifkan: Menyimpan File secara Otomatis ke Folder OneDrive".

12. Mengatur atau Menonaktifkan Bing Smart Search

Bing Smart Search adalah fitur untuk mencari sesuatu secara daring maupun luring melalui Search charm. Jika ini tidak diatur, maka jumlah kuota bisa berkurang karena mencari secara daring dengan Bing. Baca "Cara Mengatur Bing Smart Search".

13. Menonaktifkan Pembaruan (Update) Otomatis terhadap Aplikasi Windows 8.1

Ketika komputer terhubung ke Internet, maka Windows Store dapat memperbarui aplikasinya secara otomatis. Tentu saja, ini bisa memakan banyak kuota Internet. Baca "Cara Menonaktifkan Update Otomatis Aplikasi Windows 8.1".

14. Menonaktifkan Pembaruan Program

Bukan hanya aplikasi metro/aplikasi Windows 8.1, program (yang bekerja di Desktop) juga perlu dinonaktifkan fitur auto-update-nya. Misalnya pada Firefox Nightly, program ini akan memperbarui secara otomatis, bahkan setiap hari akan ada update-an yang perlu diunduh. Jika perlu, matikan saja fitur auto-update dari suatu antivirus agar tidak memperbarui database virusnya.

15. Menonaktifkan Semua Add-on atau Ekstensi Browser yang Mengandalkan Internet

Untuk pengguna yang biasa menggunakan ekstensi web browser yang harus mengandalkan Internet untuk bekerja, maka nonaktifkan agar kuota tidak cepat habis.

16. Menghentikan Proses dan/atau Servis yang Mengandalkan Internet untuk Bekerja

Pastinya ada saja servis yang mengandalkan Internet untuk bekerja. Tapi ingat! Anda hanya dapat menghentikan proses dan servis yang tidak penting, dan jangan menghentikan proses dan servis yang sangat penting untuk Windows agar bekerja semestinya. Jadi, pikirkan dulu servis atau proses mana yang hendak dihentikan.

Itulah "Cara Menghemat Kuota di Windows 8.1". Punya tips lain? Masukkan tips Anda seputar menghemat kuota Internet melalui kotak komentar.

5 komentar:

  1. Semua di atas sudah saya praktekan, hasilnya? Saya seperti memakai windows 7, irit tapi performa tetep keren. Makasih min udah share buat saya yang belum tau, dari dulu kuota boros :)

    BalasHapus
  2. kok pake cara yang windows update ada bacaan you need permission, itu gimana cara ngatasinya please jawab

    BalasHapus
  3. weee smo jenis modem kita bang hehee

    BalasHapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.