Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu

Sebenarnya ini bukan berita baru. Saya juga sudah mengetahui hal ini sejak lama, namun baru menyadarinya; dan kini saya lebih berhati-hati. Scam yang dimaksud dalam

Update

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 17

Sebenarnya ini bukan berita baru. Saya juga sudah mengetahui hal ini sejak lama, namun baru menyadarinya; dan kini saya lebih berhati-hati.

Scam yang dimaksud dalam artikel ini adalah aplikasi Windows 8 atau Windows 8.1 yang diunduh dari Windows Store, yang hanya merugikan Anda sementara pembuatnya (developer) untung karena bisa mendapatkan uang dengan menjual aplikasi tiruan yang palsu di Windows Store.

Kini sudah tidak ada lagi aplikasi scam, Microsoft telah menghapusnya.

Aplikasi Penipu yang Hanya Merugikan Anda

Maksud dari “tiruan yang palsu” adalah aplikasi buatan orang yang tidak bertanggung jawab, yang meniru aplikasi dari suatu perusahaan yang resmi, dan biasanya dalam aplikasi scam tersebut disertai dengan iklan. Dan biasanya, aplikasi tersebut berbayar.

Pastinya aplikasi tiruan yang hanya ingin menguntungkan pembuatnya sudah tentu tidak berkualitas. Padahal perusahaan yang resmi tidak mem-publikasikan aplikasinya ke Windows Store-nya Microsoft. Sudah pasti ini akan merugikan Anda, kecuali kalau Anda memilih aplikasi yang dipublikasikan oleh perusahaan yang resmi (asli dari perusahaan, misalnya Apple dan Google).

Contoh

Coba kita lihat pelbagai aplikasi scam. Buka Windows Store. Cari “vlc” (tanpa tanda kutip), tekan Enter. Lalu tunggu sebentar.

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 18

Aduh! Banyak juga aplikasi VLC yang dipublikasikan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Seperti yang diketahui, VLC merupakan program (yang berjalan di Desktop Windows) yang berguna untuk memutar media (video dan musik), dan dipublikasikan secara resmi oleh VideoLAN. Hanya ada satu aplikasi VLC yang dipublikasikan oleh VideoLAN, yakni aplikasi yang terlihat dalam gambar ini:

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 19

Dari semua aplikasi yang tak jelas, hanya ada satu yang benar. Aplikasi scam yang tak jelas ini malah berbayar. Padahal aplikasi yang resmi tidak berbayar.

Yang lebih parahnya lagi, ada aplikasi yang hanya berupa petunjuk menjelaskan tentang cara mengunduh dan menginstal VLC di Desktop. Sudah penipu, berbayar pula!

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 20

Contoh lain adalah peramban web yang populer, Mozilla Firefox. Firefox hanya berupa program (yang hanya bisa berjalan di Desktop), tidak dapat berjalan dalam mode Metro. Tetapi ada juga yang malah mem-publikasikan aplikasi scam-nya di Windows Store.

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 17

Masih banyak aplikasi scam yang tak bisa saya jelaskan satu per satu. Anda harus berhati-hati saat memilih suatu aplikasi. Jangan sampai Anda dirugikan karena hal ini.

Anda juga wajib berhati-hati ketika mencari suatu aplikasi di Windows Store melalui Search charm. Jika Bing Smart Search diaktifkan, maka aplikasi yang terdapat dalam Windows Store akan tampil sesuai dengan kata kunci yang Anda ketik dalam Search charm. Contohnya, kumpulan aplikasi scam ini yang masuk ke dalam hasil pencarian Bing Smart Search.

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 22

Cara Melaporkan Aplikasi Scam

Kalau sudah tidak tahan melihat banyak aplikasi scam, sebaiknya laporkan aplikasi tersebut ke Microsoft. Caranya dengan mengklik “Report this app for violating the Store’s Term of Use” pada halaman-unduh aplikasi yang scam.

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 23

Laporkan aplikasi tersebut ke Microsoft melalui kotak ini.

Awas! Aplikasi Windows 8/8.1 yang Diunduh dari Windows Store itu Scam/Penipu 24

Lalu Mengapa Microsoft Diam Saja?

Kalau mengenai hal ini, saya tidak tahu pasti. Tetapi merujuk suatu artikel di howtogeek.com, alasan kenapa banyak aplikasi scam yang masuk ke dalam Windows Store adalah bahwa Microsoft tidak peduli sebaik-baiknya kualitas aplikasi yang dipublikasikan oleh penerbit tak resmi, mereka (Microsoft) hanya menyetujui segalanya untuk mendapatkan aplikasi sebanyak mungkin.

Kalau benar begitu, itu artinya kita hanya bisa berharap agar Microsoft tidak diam. Mungkin ada atau bahkan banyak pengguna awam yang tertipu karenanya. Bayangkan saja, banyak aplikasi yang menipu dan penerbitnya hanya ingin untung saja.

Tips Menghindari Aplikasi Scam

Jika Anda adalah orang awam dalam teknologi, terutama dalam Windows 8.1, maka Anda perlu membaca tips ini agar terhindar dari banyaknya aplikasi penipu itu:

  1. Lihat penerbitnya. Jika Anda sedang mencari aplikasi metro yang sama dengan aplikasi yang dapat diinstal di Desktop, maka lihat penerbitnya (publisher) apakah sama atau tidak dengan penerbit program di Desktop. Misal: Mozilla Firefox berupa program yang dibuat oleh Mozilla, maka Anda harus mencari penerbit yang sama pada aplikasi metro.
  2. Lihat harga dan gambar detailnya, termasuk ulasan (review). Lihat apakah di sana tertera harga sementara dalam gambarnya ada aplikasi yang tidak sesuai dengan yang diinginkan. Lihat juga ulasannya,  bagaimana komentar pengguna terhadap aplikasi scam tersebut.

Intinya, kita harus berhati-hati ketika mencari suatu aplikasi metro di Windows Store. Jangan lupa menghapus semua aplikasi scam yang sudah diinstal agar Anda tidak merasa dirugikan.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

Tinggalkan komentar