Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 26 Juli 2014

Share:

Cara Mempercepat Animasi saat Menutup Aplikasi Windows 8.1

mempercepat animasi menutup aplikasi

Windows Store adalah tempat mengunduh dan menginstal aplikasi. Aplikasi yang diunduh dari Windows Store disebut sebagai "aplikasi metro", atau "aplikasi Windows 8.1" juga boleh. Ini adalah jenis baru aplikasi yang bekerja dalam mode Metro. Menutup aplikasi itu pun dengan cara yang baru. Meskipun sudah ada tombol "Close" pada Titlebar untuk aplikasi Windows 8.1 (di Windows 8.1 Update), tapi cara itu akan meninggalkan aplikasi Windows 8.1 agar bekerja dalam background ketika menutupnya dengan tombol "Close".

Seperti yang ditulis pada artikel "Cara Menutup Aplikasi Windows 8.1 dengan Benar agar Tidak Berjalan dalam Background", Anda perlu menekan bagian paling atas aplikasi, lalu menggeser tekanan itu ke bawah, kemudian menunggu 2 detik untuk berputarnya tile aplikasi, lalu melepasnya agar tidak berjalan dalam background.

Cara itu memang menghabiskan waktu cukup lama. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui caranya mempercepat animasi menutup aplikasi metro. Ada 2 langkah yang dipercepat, yaitu: menggeser tekanan dari bagian paling atasnya dan menunggu 2 detik berputarnya tile aplikasi.

Ini adalah animasi GIF: menutup aplikasi Windows 8.1 dengan kecepatan lebih.

Untuk melihat animasi GIF: menutup aplikasi Windows 8.1 dengan kecepatan normal, klik di sini.


Mempercepat Animasi Menutup Aplikasi Windows 8.1

Buka Registry Editor. Untuk membukanya dari Start screen, langsung ketik "regedit" dan pilih regedit pada hasil pencarian.

Jika ada pesan UAC, klik Yes saja.

Langsung menuju Key HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\ImmersiveShell\Switcher. Lihat apakah ada DWORD ini atau tidak:
  1. CloseDwellTimeout (pengatur waktu berputarnya tile aplikasi)
  2. MouseCloseThresholdPercent (pengatur jarak ketika bagian paling atas aplikasi ditekan dengan mouse)
  3. TouchCloseThresholdPercent (pengatur jarak ketika bagian paling atas aplikasi ditekan dengan tangan (layar sentuh))

Jika ada 2 DWORD itu (nomor 1 dan nomor 2/3), maka tinggalkan poin 1 dan langsung ikuti poin 2. Jika tidak ada semua DWORD itu, maka ikuti poin 1 untuk membuat DWORD tersebut terlebih dahulu dan ikuti poin 2.

1. Membuat DWORD

Klik-kanan pada Key yang sudah dituju tadi, pilih New > DWORD (32-bit) value. Masukkan nama DWORD yang belum ada tadi. Poin 1 ini memandu Anda untuk membuat semua DWORD. Setelah semua DWORD dibuat, maka ikuti poin 2.

2. Mengatur "Value Data" dari Masing-Masing DWORD

Klik-ganda pada masing-masing DWORD dan ikuti langkah ini:
  1. Untuk CloseDwellTimeout: Klik Decimal. Pada kotak "Value data", ketik antara 10 sampai 2000 (tergantung kecepatan yang diinginkan, dihitung berdasarkan satuan milisecond). Disarankan untuk mengisinya dengan "300" (tanpa tanda kutip) untuk kecepatan yang bagus. Setelah itu, klik OK.
  2. Untuk MouseCloseThresholdPercent atau TouchCloseThresholdPercent: Klik Decimal. Pada kotak "Value data", ketik antara 5 sampai 99 (tergantung jarak yang diinginkan). Disarankan untuk mengisinya dengan "80" (tanpa tanda kutip) untuk jarak yang bagus. Setelah itu, klik OK.

Akhir Kata

Nah, setelah melakukan semua langkah di atas, restart Windows Explorer atau restart Windows 8.1. Setelah itu, Anda akan merasakan kecepatan lebih ketika menutup aplikasi metro dengan benar agar tidak berjalan dalam background. Itulah cara mempercepat menutup aplikasi Windows 8.1.

2 komentar:

  1. Gan kok adanya "BackstackEnabled" sama "BackstackMode", mhon pencerahannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu apaan, gan? pesan error atau apa? kalau itu pesan error, kapan dan di mana pesan itu muncul?

      Hapus

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.