Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 26 Juli 2014

Share:

Cara Membuka 2 Aplikasi Secara Bersamaan (Snap View) di Windows 8.1 (dan Dual Browser Internet Explorer)


cara membuka 2 aplikasi secara bersamaan dalam 1 layar di windows 8.1






Snap View di Windows 8.1 adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua aplikasi dalam satu layar secara bersamaan. Bisa yang satu adalah aplikasi Windows 8.1, dan yang satu adalah aplikasi desktop; atau yang satu aplikasi Windows 8.1, dan yang satu adalah aplikasi Windows 8.1 juga.

Cara Snap di Windows 8.1

1. Cara Snap 2 Aplikasi

Pertama, bukalah aplikasi Windows Store yang Anda inginkan. Ini adalah aplikasi utama untuk Snap. Setelah membukanya, klik-tahan pada atas layar aplikasi utama dan geser ke kiri atau ke kanan sampai pembatas Snap membentuk ukuran. Setelah itu, lepas (hentikan klik-tahan aplikasi utama tadi).
cara membuka 2 aplikasi secara bersamaan dalam 1 layar di windows 8.1

Masuk ke Desktop atau masuk ke Start screen dan buka aplikasi yang Anda inginkan untuk dijadikan sebagai aplikasi yang tampil di sebelah aplikasi utama tadi.

Selamat! Anda telah melakukan Snap di Windows 8.1. Anda juga bisa membuat Desktop menjadi tampil di sebelah aplikasi utama tadi; atau singkatnya: Snap antara Desktop dengan aplikasi metro/Windows Store.

2. Cara Mengubah Ukuran Snap

Anda dapat mengubah ukuran Snap View menjadi perbandingan: 70:30, 60:40, dan 50:50 (tergantung ketersediaan aplikasi). Untuk mengubah ukuran Snap, klik-tahan garis pembatas Snap View ke arah yang diinginkan sampai membentuk ukuran atau sampai pembatas tersebut tidak bisa digeser lagi.

cara mengubah ukuran snap view

3. Cara Snap Internet Explorer (Mode Metro)

Snap View bisa berupa sebagai gabungan dari 2 jendela Internet Explorer. Pastikan bahwa Internet Explorer telah ditetapkan sebagai peramban web default.

Artikel Terkait: Cara Mengubah Aplikasi Default untuk Membuka File di Windows 8.1

Buka Internet Explorer melalui Start screen atau Apps View. Kunjungi suatu situs. Ketika situs sudah dimuat, maka klik-kanan pada tautan (link) > Open in New Window. Maka Internet Explorer membuat Snap secara otomatis dan membuka jendela baru yang memuat tautan tersebut. Anda pun dapat mengubah ukuran Snap View.

cara snap internet explorer

4. Cara Snap melalui Apps Switcher (Switch Between Apps)

Masih ada cara lain untuk melakukan Snap. Apps Switcher mungkin bisa menjadi langkah lebih mudah daripada menggunakan mouse atau jari Anda untuk menggeser.

Buka 2 aplikasi Windows Store atau aplikasi Desktop (atau hanya Desktop-nya saja). Nah, kini sedang aktif aplikasi terakhir yang dibuka tadi. Lalu arahkan kursor mouse ke sudut kiri bawah, arahkan kursor ke atas. Klik kanan aplikasi tidak aktif pada kotak Apps Switcher > Insert Left (untuk menempatkannya di kiri) atau Insert Right (untuk menempatkannya di kanan).

cara snap view apps switcher

5. Mengetahui Aplikasi yang Aktif dan Tidak Aktif ketika dalam Snap View

Aplikasi yang aktif adalah aplikasi yang sedang digunakan, atau tidak diminimalkan (minimize). Sedangkan aplikasi yang tidak aktif adalah aplikasi yang diminimalkan, dan tampil dalam kotak Apps Switcher.

Dalam Snap View, mengetahui aplikasi yang aktif dan tidak aktif bisa dilihat dari garis berwarna putih. Jika garis putih tersebut terletak di sebelah kiri, maka aplikasi yang terletak di kiri adalah aplikasi yang aktif. Jika garis putih tersebut terletak di sebelah kanan, maka aplikasi yang terletak di kanan adalah aplikasi yang aktif. Hal ini sangat penting untuk diketahui ketika menutup aplikasi Windows Store dengan menekan Alt+F4.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.