Masih Hangat
memuat ...

Minggu, 08 Juni 2014

Share:

Cara Reset Semua Live Tile Start Screen di Windows 8.1

cara reset semua live tile start screen di windows 8.1
Semua Live Tile Telah Di-reset

Cara Reset Semua Live Tile Start Screen di Windows 8.1 — Tile pada Windows 8.1 adalah kotak-kotak yang berisi ikon dan teks yang berupa nama dan ikon umum dari aplikasi metro. Tile pada Windows 8.1 memiliki beragam bentuk. Semakin ukuran tile aplikasi metro besar, maka live tile semakin terlihat dan jelas untuk menampilkan berita, notifikasi, dan informasi apa pun yang berhubungan dengan aplikasi metro tersebut. Pada aplikasi "Photos", live tile yang ditampilkan adalah gambar atau foto, bukan berita atau pun notifikasi.

Artikel Terkait: Cara Mengubah Ukuran Tile pada Start Screen di Windows 8.1

Cara Reset Live Tile Start Screen

Tahukah Anda bahwa live tile di Start screen dapat di-reset (diatur ulang)? Cara kerja reset tile Start screen Windows 8.1 adalah mengatur ulang live tile agar menampilkan live tile yang baru, dengan berkas baru. Maksudnya, live tile akan kembali seperti pertama kali menggunakan Windows 8.1. Dengan demikian, ketika di-reset, maka live tile yang aktif akan menampilkan informasi, berita, atau pun notifikasi terbaru dengan berkas baru, karena berkas lama yang tampil sebagai live tile terdahulu sudah dihapus ketika di-reset.

Artikel Terkait: Cara Reset Tampilan Start Screen di Windows 8.1

Reset live tile Start screen di Windows 8.1 adalah hal yang sangat berguna. Sangat berguna ketika suatu foto yang sudah dihapus, namun tetap muncul dalam live tile "Photos". Padahal saya sangat menginginkan agar foto tersebut tidak muncul dalam live tile "Photos". Bahkan setelah foto tersebut dihapus permanen, namun tetap saja foto tersebut muncul kembali dalam live tile "Photos". Akhirnya, foto tersebut tidak muncul kembali ketika semua live tile di-reset, yang muncul hanya foto baru. Dalam pengalaman menggunakan Windows 8.1, hanya itu saja yang berguna menurut saya ketika me-reset live tile Start screen di Windows 8.1.

Lalu bagaimana cara reset live tile Start screen di Windows 8.1? Itu mudah sekali. Buka Start screen. Buka Settings charm dengan cara: mengarahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan kursor sedikit ke atas, klik Setttings.
cara reset semua live tile start screen di windows 8.1

Pilih Tiles, klik Clear pada "Clear my personal info from my tiles".
cara reset semua live tile start screen di windows 8.1

Akhir Kata

Setelah itu, semua live tile yang aktif sudah di-reset. Meskipun live tile tetap aktif (namun live tile tidak tampil), Anda perlu membuka masing-masing aplikasi metro yang terkait dengan tile (yang live tile-nya aktif) tersebut, kecuali "Calendar". Karena aplikasi "Calendar" akan menampilkan live tile-nya (tanggal dan catatan (event)) secara otomatis tanpa harus dibuka setelah di-reset, namun entah kenapa butuh waktu berjam-jam untuk menampilkan kembali live tile pada aplikasi "Calendar".

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.