Cara Disable/Menonaktifkan UAC di Windows

UAC (User Account Control) adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi ketika menjalankan aplikasi desktop yang ingin mengubah setelan (pengaturan) komputer. N otifikasi UAC berguna

Update

Cara Menonaktifkan UAC di Windows

UAC (User Account Control) adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengatur notifikasi ketika menjalankan aplikasi desktop yang ingin mengubah setelan (pengaturan) komputer. N

otifikasi UAC berguna untuk meminta izin kepada pengguna untuk membuka aplikasi tersebut. User yang berhak untuk membuka aplikasi tersebut adalah user dengan tipe administrator.

User standar juga dapat membuka aplikasi tersebut namun biasanya harus sementara dan harus meminta izin terlebih dahulu kepada administrator sebelum membukanya.

notifikasi uac di windows 8.1
Notifikasi UAC
Jika UAC (User Account Control) diaktifkan, maka user administrator maupun user standar akan melihat notifikasi ketika membuka aplikasi desktop yang ingin mengubah setelan komputer.
Jadi, ketika ada aplikasi desktop yang mengubah setelan maupun menginstal program yang ingin dijalankan, maka sebelumnya telah ada izin dari user administrator. Hal ini berlaku untuk semua user.

Akan tetapi, jika Anda benci melihat notifikasi dari UAC ketika membuka aplikasi desktop yang ingin mengubah setelan, maka Anda dapat menonaktifkan (mematikan) UAC di Windows 10, Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1 . Namun jika UAC dimatikan, maka keamanan komputer akan berkurang. Jadi ada aplikasi desktop yang dengan sendirinya berjalan dan ingin mengubah setelan tanpa izin dari Anda terlebih dahulu.

Cara Menonaktifkan UAC di Windows 10, 7, 8, 8.1

Catatan: Anda hanya dapat menonaktifkan UAC jika ada izin dari administrator, atau memang Anda sendirilah administrator-nya.

Dapat dilakukan juga di Windows 10, Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1

Buka Search charm. Caranya arahkan kursor mouse ke sudut kanan bawah, arahkan kursor atas, dan klik Search. Ketik uac pada kotak pencarian dan klik Change User Account Control settings.

ketik uac

Lalu geser trackbar ke paling bawah. Kemudian klik Ok.

menonaktifkan uac di windows 8.1
Mau menghilangkan lock screen Windows 8.1 ? Tutorial cara menghilangkan Lock Screen di Windowsn 8.1 dengan mudah.

Akhir Kata

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda telah menonaktifkan UAC di Windows 10, Windows 7, Windows 8, atau Windows 8.1.

Selama UAC tidak aktif, maka Anda tidak akan melihat notifikasi UAC ketika membuka aplikasi desktop yang ingin mengubah setelan komputer. Untuk mengaktifkan UAC kembali, geser trackbar ke paling atas, dan klik Ok.

Admin Kompiwin

Aktif menulis di kompiwin.com sejak tahun 2014. Dan sekarang kompiwin sudah memasuki tahun ke-delapan. Semoga memberi manfaat untuk pembaca semua.

4 pemikiran pada “Cara Disable/Menonaktifkan UAC di Windows”

  1. ketika mulai meng-klik change UAC, permintaan LO IN UAC nya sudah keluar, jadi tidak bisa di rubah settingan nya,,,

    Bagaimana ???

    Balas

Tinggalkan komentar