Masih Hangat
memuat ...

Sabtu, 12 April 2014

Share:

Cara Menutup dan Mengeluarkan Aplikasi Metro dengan Benar Agar Tidak Berjalan dalam Background

titlebar aplikasi metro di windows 8.1 untuk menutup dan mengeluarkan aplikasi metro

Bagi Anda pengguna Windows 8.1 yang masih pemula, menengah, maupun profesional wajib mengetahui hal yang satu ini. Anda mungkin belum pernah menduga untuk menutup aplikasi metro dengan cara yang benar, dan pastinya tidak akan berjalan dalam background.

Menutup aplikasi metro dengan cara lama tidak akan mengeluarkan aplikasi metro dalam proses latar belakang (background). Menutup aplikasi metro berbeda dari menutup aplikasi desktop (dalam window/jendela). Pengguna harus menghentikan proses dari aplikasi metro secara manual agar tidak berjalan dalam background.

Seingat saya saat pertama kali menggunakan Windows 8, setelah menutup aplikasi metro itu tidak akan berjalan dalam background. Namun setelah meng-upgrade ke Windows 8.1 aplikasi metro tersebut selalu muncul dan masih berjalan dalam background. Ini bisa dilihat dalam Task Manager bahwa aplikasi metro masih muncul dan berjalan dalam background walau Task Manager tidak menujukannya dalam grup "Background processes".

task manager di windows 8.1 menunjukan aplikasi metro masih berjalan dalam background

Dilihat dari screenshot di atas, maka kita bisa mengetahui bahwa aplikasi metro tersebut masih bekerja dan berjalan dalam background. Aplikasi metro tidak akan pernah berhenti berjalan dalam background jika Anda tidak menghentikannya secara manual. Berbeda dengan aplikasi dalam desktop, di mana Anda dapat menutup dengan tombol Close dan tidak akan berjalan dalam background. Tapi hal itu juga tergantung dari aplikasi desktop tersebut.

Suatu aplikasi yang bekerja dalam background sudah pasti akan memakan RAM. Mungkin juga akan mengurangi CPU, Disk Usage, dan mengurangi kecepatan koneksi internet (tergantung aplikasi itu sendiri). Hal itu akan mengurangi kinerja dari PC Anda.

Menutup aplikasi metro menggunakan tombol Close pada titlebar baru tidak akan memberhentikan aplikasi metro dalam background, sama seperti menutup dengan cara lama, yakni: menggeser bagian atas aplikasi metro ke bawah, dan langsung melepasnya. Hal ini sama sekali tidak akan mengeluarkan aplikasi setelah menutupnya dengan cara lama.
Silakan baca artikel "Cara Mempercepat Animasi ketika Menutup Aplikasi Windows 8.1" agar penutupan aplikasi Windows 8.1 terasa lebih cepat.

Lalu bagaimana cara menutup dan mengeluarkan aplikasi metro dengan benar agar tidak berjalan dalam background? Itu mudah saja. Berikut caranya:

Geser pada bagian atas aplikasi metro ke bawah layar
task manager di windows 8.1 menunjukan aplikasi metro masih berjalan dalam background
Posisi di bagian atas layar
Tunggu sampai aplikasi metro tersebut membalik dan menampilkan icon umumnya
Posisi di bagian bawah layar, belum menunjukan icon umum
Jika icon umum telah muncul, maka lepas aplikasi metro tersebut.
task manager di windows 8.1 menunjukan aplikasi metro masih berjalan dalam background
Icon umum sudah muncul

Tunggu beberapa detik setelah melakukan cara di atas. Buka Task Manager dan lihat apakah aplikasi metro yang Anda tutup tadi masih berjalan dalam background atau tidak.

Atau lihat animasi GIF ini untuk petunjuk yang lebih jelas.

Tips: Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menekan tombol Alt+F4 untuk menutup aplikasi metro tanpa meninggalkannya bekerja dalam background.

Artikel terkait: 8 Cara Membuka Task Manager di Windows 8.1

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Punya pertanyaan? Belum mengerti? Ada yang kurang rinci dari artikel di atas? Tulis pesan Anda melalui kotak komentar di bawah ini, dan jangan terlalu jauh dari topik!

Jangan promosi apa pun dalam kotak komentar Kompiwin. Kalau mau nanem backlink, pakai OpenID.

*Kotak komentar tidak dapat digunakan untuk konsultasi masalah Windows.